Rabu, 08 Februari 2017

Cara Membuat Database mengenai Biodata Diri

Cara Membuat Database mengenai Biodata Diri


Jika pada postingan sebelumnya saya menjelaskan bagaimana cara membuat data base kali ini juga akan akan membagikan tutorial bagaimana cara membuat database biodata diri sesuai dengan biodata saya .

Oke, langsung saja kita ke tahap konfigurasinya :

1. Login MYSQL
Kalian harus login MySQL terlebih dahulu , untuk caranya kalian bias lihat di postingan berikut : Membuat Database Server dengan MySQL pada Windows Server 2012 R2

2. Selanjutnya membuat database , unutk membuatnya masukkan perintah "create database biodatasamsinar; " , kemudian unutk melihat apakah databasenya sudah terbuat, masukkan perintah "show database" .

3. Sebelum membuat table, masukkan perintah "use biodatasaminar; " dengan itu kiya dapat dipastikan sudah masuk kedalam database tersebut .
Dan selanjutnya adalah memasukkan perintah :

create table biodatasamsinar(
no mediumint not null auto_increment,
data varchar(250) not null,
keterangan varchar(250) not null,
primary key (no)
);

Kemudian cek apakah data sudah terbuat dalam table , yaitu dengan memasukkan perintah "desc biodatasamsinar; " . Dan hasilnya sudah terbuat .

4. Selanjutnya adalah memasukkan data diri lengkap kita kedalam table, dan berhubung perintahnya akan lumayan banyak tapi perintah tersebut pada dasarnya sama dan kita hanya menetikannya berulang-ulang saja . Berikut perintahnya :
  • insert into biodatasamsinar (no,data,keterangan) values
  • ('1','nama','samsinar_siregar');
Perintah diatas bias dituliskan berlang-ulang jika kalian ingin memasukkan data diri kaian secara lengkap .

Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :

5. Selanjutnya adalah verifikasi data , ketikan perintah "select * from biodatasamsinar; " untk melihat data yang ada didalam tabel secara lengkap , berikut adalah data yang terlah kita buat sebelumnya .


Konfigurasi Selesai .
Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat .

0 komentar:

Posting Komentar