Senin, 30 Januari 2017

Cara Menginstal Mikrotik dengan Qemu pada GNS3 di Ubuntu 16.04 .

 Cara Menginstal Mikrotik dengan Qemu pada GNS3 di Ubuntu 16.04 



Jika pada postingan sebelumnya saya membahas tentang bagaimana Cara Menginstal Mikrotik dengan Qemu pada GNS3 di Windows 10, nah pada postingan kali ini tidak jauh beda dengan postingan itu hanya saja terdapat perbedaan pada sitem operasi yang digunakan, jika pada postingan sebeklumnya menggunakan Windows kali ini akan menggunakan Linux Ubuntu. Dan postingan saya kali ini adalah tentang bagaimana Cara Menginstal Mikrotik dengan Qemu pada GNS3 di Ubuntu 16.04 . 

Oke langsung saja ke materinya, berikut adalah penjelasan singkat dari pengertian Mikrotik :
Mikrotik adalah sistem operasi atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal yang dapat mencakup berbagai macam fitur yang dibuat untuk IP Network dan Jaringan Wireless dan cocok digunakan oleh ISP serta provider hotspot dan warnet.

Oke langsung saja kita ke tahap konfigurasinya : 

1. Untuk menginstal qemu mikrotik, hal pertama kita harus kita lakukan adalah masuk ke folder Documents yang sudah ada iso mikrotik nya. Dan kali ini saya menempatkan iso mikrotik pada folder bernama "mikrotik-sam" .

2. Selanjutnya buat mikrotik dengan format "mikrotik.img" untuk qemu yang nanti akan digunakan, yaitu dengan perintah "qemu-img create -f qcow2 mikrotik.img 64M. 64M ini berfungsi bahwa memori yang digunakan adalah 64M.

3. Jika sudah selesai membuatnya. Langkah selanjutnya adalah instal "mikrotik.img" dengan perintah "qemu-system-x86_64 mikrotik.img -cdrom mikrotik-6.33.iso -boot d" .

4. Ini adalah tampilan awal sebelum proses penginstalan . 

5.  Pilih semua menu dengan cara tekan "a" pada keyboard dan jika semuanya sudah terpilih, tekan "i" untuk memulai proses instalasi.
6. Selanjutnya tekan "n" jika tidak ingin melanjutkan konfigurasi yang ada, dan selanjutnya tekan "y" untuk meneruskan proses instalasi mikrotiknya.

7. Jika sudah selesai proses instalasi mikrotiknya maka tekan "ENTER".

8. Selanjutnya buka GNS3, klik Edit > Preferences untuk membuat qemu mikrotiknya .

9. Klik Qemu VMs > New untuk membuat qemu .

10. Buat nama untuk mikrotiknya kemudian klik "Next" . 

11. Masukkan ukuran RAMnya sebesar 64M karena harus sesuai dengan yang telah kita buat sebelumnya yaitu 64MB . 

12. Klik browser untuk memilih image mikrotik yang tadi telah kita dibuat kemudian jika sudah mendapatkan file yang kita cari klik "Open" . 

13. Setelah selesai klik "Finish " .

14. Ubah simbol qemunya dengan cara klik "Edit" .  

15. Selanjutnya klik Browser > ketikan "Router" pada kolom search . JIka sudah dapat klik "OK". 

maka logonya akan berubah seperti gambar dibawah ini :

  • Karena nanti kita akan membuat router yang terhubung dengan beberapa perangkat maka pada bagian adapternya kita ubah menjadi 5, yang artinya nanti kita akan menggunakan 5 perangkat yang terhubung ke router . 
  • Cara mengubah adapter adalah sebagai berikut :
  • Jika sudah selesai klik "Apply" > "OK" . 


16.  Masukkan mikrotik yang sudah kita buat kedalam layar GNS3 . 

17. Jalankan topologi dengan cara klik "Start" . 

18. Selanjutnya klik "Console" pada bagian router untuk masuk ke mikrotiknya . 

19. Sekarang coba buat topologi dengan tardiri dari router yang terhubung langsung dengan perangkat, buat jumlah perangkat tersebut sesuai dengan jumlah adapter yang telah kita buat sebelumnya , berikut adalah topologinya .

20. Jalankan topologinya .

19. Kemudian masuk ke mikrotik dan login sebagai admin dan password bisa langsung tekan "Enter" saja karena kita tidak menggunakan password alias kosong . 

20. Dan kita berhasil masuk dalam Router Mikrotiknya . 

21. Dan ketikan perintah "interface print" pada mikrotik unutk mengetahui ada berapa interface yang terhubung dengan router mikrotik tersebut .


Konfigurasi selesai , selamat mencoba .
Semoga Bermanfaat . 

0 komentar:

Posting Komentar